Cara melakukan penjumlahan secara otomatis di Ms Word

Melakukan penghitungan angka-angka memang tidak seperti menggunakan program Ms Excel. Penghitungan angka-angka di excel dapat dilakukan dengan mudah dan tepat serta bisa dilakukan secara otomatis dan jika angka input tersebut diubah, maka output atau hasilnya pun ikut mengikuti sesuai dengan rumus yang dimasukkan. Namun bagaimana halnya jika data-data yang diketik menggunakan Ms Word?

Mengetik dan membuat data terkadang berupa campuran antara data yang berupa tulisan dan berupa angka. Program yang tepat untuk melakukan tugas ini adalah ms word. User bisa saja menggabungkan program ms excel dengan ms word dalam satu file dengan cara menyisipkan tabel ms excel kedalam ms word. Namun bagaimana jika data berupa angka tersebut telah diketik menggunakan ms word? Anda tidak perlu khawatir, karena pada ms word juga terdapat fungsi untuk melakukan penjumlahan secara otomatis. Anda tidak perlu membuka kalkulator untuk melakukan tugas itu.
Silahkan disimak langkah-langkah berikut ini :

1. Buatlah terlebih dahulu tabel yang berisi angka-angka, misalnya saja seperti gambar dibawah ini.

2. Letakkan kursor pada tabel atau sel dimana penjumlahan otomatis tersebut diletakkan (biasanya pada baris JUMLAH)
3. Pada Tab layout klik Formula

4. Pada popup Formula yang muncul isikan pada formula =SUM(ABOVE) untuk menjumlah semua angka diatas. Untuk menjumlah angka-angka tertentu, misalnya menjumlah nilai dari ammar dan Rahma, masukkan rumus =SUM(C3,C4).

5. kemudian klik OK. Maka nilai hasil penjumlahan akan muncul di baris JUMLAH.


Untuk melakukan penjumlahan bilangan desimal gunakanlah thousand separator default dari program tersebut. Biasanya defaultnya adalah tanda titik, namun bisa saja telah diganti menjadi tanda koma. Jadi jika anda melakukan penjumlahan bilangan desimal dan tidak berhasil, cobalah ganti tanda ribuan dari titik menjadi koma atau sebaliknya. Sayangnya cara penjumlahan di Ms Word tidak dibarengi dengan perubahan secara otomatis ketika angka input dirubah atau diganti. Namun demikian fitur tersebut sudah sangat membantu user dalam melakukan penjumlahan di ms word. Semoga bermanfaat dan sukses selalu buat anda….

Related Posts:

0 Response to " Cara melakukan penjumlahan secara otomatis di Ms Word "

Posting Komentar